8 Fakta Golongan Darah O dan Kepribadian Pemiliknya

Posted on 4 views

golongan-darah-a-doktersehat

DokterSehat – Ada 4 golongan darah, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Keempat golongan darah tersebut sangat penting untuk Anda ketahui karena terkait dengan kesehatan, karakteristik pribadi, dan risiko penyakit. Berdasarkan 4 golongan darah yang ada, golongan darah O adalah golongan darah yang bisa dibilang unik. Lantas, apa yang menjadikan golongan darah satu ini lain daripada yang lain?

Apa Itu Golongan Darah?

Golongan darah adalah molekul unik yang dihasilkan dari perpaduan antara antibodi dan antigen di dalam plasma darah. Pengklasifikasian ini diciptakan oleh seorang dokter berkebangsaan Austria, Karl Landsteiner, pada 1900-an. Secara garis besar, golongan darah terbagi menjadi 4, yaitu:

  • Golongan darah A, kombinasi antigen A dan antibodi B
  • Golongan darah B, kombinasi antigen B dan antibodi A
  • Golongan darah AB, mempunyai antigen A dan B, namun tidak mempunyai antibodi A maupun B
  • Golongan darah O, tidak memiliki antigen A dan B, namun mempunyai antibodi A dan B

Lebih jauh, pengklasifikasian golongan darah juga dipengaruhi oleh antigen tambahan yang dikenal sebagai rhesus (Rh). Jika terdapat rhesus pada darah, maka itu menandakan darah Anda positif (A+, B+, AB+, O+). Sebaliknya, jika tidak ada faktor rhesus di dalam darah, itu artinya darah bersifat negatif (A-, B-, AB-, O-).

Fakta Golongan Darah O yang Jarang Diketahui

Di antara keempat golongan darah, sifat golongan darah O lebih unik ketimbang golongan darah lainnya. Bahkan, ada yang menyebut jika golongan darah O bukanlah termasuk golongan darah. Berikut ini fakta golongan darah O yang perlu Anda ketahui.

1. Golongan Darah O Tidak Memiliki Antigen

Tidak seperti golongan darah lainnya, karakter golongan darah O nihil zat antigen.

Antigen adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Antigen ini dianggap berbahaya oleh tubuh yang kemudian memicu antibodi untuk melakukan perlawanan. Hal ini lantas menimbulkan reaksi berbahaya jika golongan darah yang satu didonorkan ke golongan darah lainnya yang berbeda, dari A ke B misalnya.

Karena golongan darah O tidak memiliki antigen, baik antigen A maupun antigen B, membuat golongan darah satu ini memungkinkan untuk ditransfusikan ke golongan darah lainnya yang berbeda.

2. Golongan Darah O Bersifat Universal (?)

Fakta golongan darah yang selama ini kita ketahui adalah bahwa sifat golongan darah O universal. Artinya, golongan darah O menjadi golongan darah yang bisa ditransfusikan ke semua jenis golongan darah.

Misalnya, Anda memiliki golongan darah O, kemudian saudara Anda yang memiliki golongan darah A tengah memerlukan donor darah, maka Anda bisa mendonorkan darah ke yang bersangkutan tersebut.

Pemilik golongan darah O hanya bisa menerima transfusi darah dari sesama pemilik golongan darah O.

Perlu digarisbawahi bahwa darah juga mengandung faktor rhesus (Rh) yang menjadikannya bisa bersifat positif atau negatif. Nah, kendati golongan darah O sifatnya universal, ia hanya bisa didonorkan kepada golongan darah lain dengan catatan golongan darah tersebut memiliki rhesus yang sama.

Pemilik golongan darah O+ hanya bisa mendonorkan darahnya kepada pemilik golongan darah A+, B+, dan AB+, pun demikian dengan golongan darah O- yang hanya bisa diterima oleh golongan darah A-, B-, dan AB-.

Transfusi darah dari golongan darah O ke golongan darah lain yang tidak memiliki rhesus sama akan menimbulkan reaksi yang efeknya berbahaya bagi tubuh, seperti gangguan pernapasan, penggumpalan darah, hingga gagal ginjal.

3. Golongan Darah O Memiliki Risiko Penyakit Jantung Lebih Rendah

Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwasanya orang-orang yang memiliki golongan darah O memiliki risiko penyakit jantung 23 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki golongan darah lainnya.

Kendati begitu, Anda yang bergolongan darah O tidak bisa serta merta begitu saja bersenang hati. Tanpa menerapkan pola hidup sehat, bukan tidak mungkin Anda juga akan memiliki risiko penyakit jantung yang besar. Oleh karenanya, imbangi juga dengan aktivitas menyehatkan seperti olahraga, dan konsumsi makanan bergizi.

4. Golongan Darah O Tidak Rentan Terhadap Pembekuan Darah

Rendahnya kadar protein dalam golongan darah O menjadi keuntungan sendiri bagi para pemilik golongan darah ini karena itu artinya, risiko terjadinya pembekuan darah juga menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Pembekuan darah adalah suatu kondisi yang bisa mengancam jiwa. Beberapa gejala yang menandai adanya pembekuan darah meliputi:

  • Pembengkakan, terjadi di area tubuh yang mengalami pembekuan darah tersebut, seperti kaki atau tangan
  • Nyeri, terjadi ketika pembekuan yang terjadi sudah berada di tahap akut
  • Perubahan warna menjadi biru atau merah di area terjadinya bekuan darah
  • Gangguan pernapasan, jika bekuan darah telah mencapai area paru-paru. Kondisi seperti ini disebut juga emboli paru dan harus segera ditangani sebelum berakibat fatal

5. Golongan Darah O Memiliki Risiko Penyakit Alzheimer Lebih Rendah

Selain jantung dan pembekuan darah, orang-orang dengan golongan darah O juga diklaim tidak mudah mengalami gangguan fungsi otak seperti Alzheimer maupun demensia.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pemilik golongan darah O memiliki kadar gray matter yang lebih banyak ketimbang pemilik golongan darah lainnya. Gray matter adalah elemen yang berfungsi untuk memproses ingatan dan informasi yang masuk ke dalam otak.

Jumlah gray matter yang lebih banyak membuat daya ingat otak dapat bertahan lebih lama sehingga risiko gangguan daya ingat dapat diminimalisir.

6. Kesuburan Wanita Golongan Darah O Kurang Baik

Di balik sejumlah manfaat memiliki golongan darah O, nyatanya ada hal kurang baik yang harus dihadapi oleh para pemilik golongan darah O, terutama kaum hawa.

Studi yang dilakukan di Albert Einstein College of Medicine menyimpulkan bahwa wanita dengan golongan darah O memiliki volume hormon perangsang folikel (FSH) yang lebih tinggi ketimbang wanita dengan golongan darah lain. Volume FSH yang tinggi tersebut memengaruhi jumlah cadangan sel telur (ovarium) menjadi lebih sedikit.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda jadi tidak subur, ya. Kesuburan juga dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti gaya hidup dan pola diet. Terapkan gaya hidup sehat dan banyak makan makanan bergizi untuk meningkatkan kesuburan Anda.

7. Olahraga yang Cocok untuk Golongan Darah O

Pemilik golongan darah O idealnya melakukan aktivitas olahraga yang sifatnya aerobic, seperti lari, jogging, bersepeda, dan senam. Lakukan olahraga-olahraga tersebut secara rutin setiap hari agar kondisi kesehatan fisik Anda tetap terjaga.

8. Pola Diet Khusus Golongan Darah O

Kendati hal ini kecil kontribusinya, namun bisa Anda terapkan. Ya, ternyata sebagai pemilik golongan darah O, ada aturan mengenai pola diet ideal guna menjaga kesehatan tubuh. Orang-orang dengan golongan darah O disarankan untuk mengonsumsi makanan sarat protein seperti:

  • Ayam
  • Ikan
  • Susu
  • Kacang-kacangan

Agar lebih jelas, konsultasikan perihal pilihan makanan terbaik untuk golongan darah O ini ke dokter gizi untuk memastikan menu apa saja yang cocok Anda konsumsi.

Karakter Golongan Darah O

Percaya tidak percaya, golongan darah juga menentukan karakter pribadi seseorang. Tidak terkecuali untuk golongan darah O yang menjadi golongan darah terbanyak di dunia dengan persentase 37% – 53% dari total populasi manusia.

Berikut ini karakter golongan darah O secara kepribadian yang perlu Anda ketahui.

1. Santai

Orang-orang dengan golongan darah O cenderung memiliki karakteristik santai, artinya dalam melakukan suatu tindakan cenderung impulsif dan sesuka hati. Karakter golongan darah O ini terkadang memiliki sisi positif, namun juga tak lepas dari sisi negatif, terutama dalam hal-hal yang membutuhkan keseriusan.

2. Ekspresif

Karakter golongan darah O selanjutnya adalah ekspresif. Pemilik golongan darah O cenderung periang dan tak segan-segan untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam hati dan pikirannya.

3. Dermawan

Masyarakat Jepang memiliki kepercayaan jika orang-orang dengan golongan darah O memiliki sifat yang dermawan. Tak hanya itu, pemilik golongan darah O juga disebut-sebut pribadi yang mudah bergaul, penuh gairah, hingga kuat secara finansial.

Itu dia informasi mengenai golongan darah O yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda termasuk salah satu pemilik golongan darah O? Apakah karakter golongan darah O tersebut memang sesuai dengan kepribadian Anda? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *